Aktivitas Harian untuk Daya Ingat yang Lebih Baik


Kebiasaan dan sehari-hari Anda, mulai apa yang Anda makan dan , apakah Anda berolahraga, seberapa stres Anda, dan banyak lagi, ternyata memengaruhi Anda setiap bit sebanyak kesehatan fisik Anda. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa teratur dan sehat dapat membantu melindungi ingatan Anda dari penurunan yang berkaitan dengan risiko penuaan.

Makanan Diet Mediterania - lifestyle.kompas.com

Makanan Diet Mediterania – lifestyle.kompas.com

Olahraga

Kebugaran fisik dan berjalan seiring. Orang yang berolahraga secara teratur cenderung tetap memiliki ingatan yang tajam ketika mereka berusia 70 tahun dan di atasnya. Meskipun ‘dosis’ latihan yang tepat tidak diketahui, penelitian menunjukkan bahwa intensitas olahraga harus moderat hingga tinggi dan teratur. Contoh latihan ringan termasuk jalan cepat, bersepeda stasioner, aerobik air, dan tenis meja. Sementara, aktivitas yang kuat meliputi jogging, tarian aerobik, menari, dan tenis.

Latihan dapat membantu memori dalam beberapa . Ini mengurangi risiko mengembangkan beberapa kondisi ‘perampokan’ memori yang potensial seperti tekanan darah tinggi, , dan stroke. Latihan juga bagus untuk paru-paru, dan orang yang memiliki fungsi paru baik, mengirim lebih banyak oksigen ke mereka.

Selain itu, ada beberapa bukti bahwa latihan membantu membangun hubungan baru antara otak dan memperbaiki komunikasi di antara keduanya. Akhirnya, olahraga dikaitkan dengan peningkatan produksi neurotrophins, zat yang memberi makan otak dan membantu melindungi mereka dari kerusakan akibat stroke dan cedera lainnya. Berikut adalah beberapa cara untuk membangun aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian Anda.

  • Berjalanlah daripada mengemudi bila memungkinkan.
  • Sisihkan waktu setiap hari untuk berolahraga. Untuk motivasi ekstra, mintalah pasangan atau teman Anda untuk bergabung dengan Anda.
  • Gunakan tangga bukan lift.
  • Menanam kebun dan merawatnya.
  • Ikuti kelas latihan atau ikuti klub kesehatan.
  • Berenang secara teratur, jika Anda memiliki akses ke kolam renang atau pantai.
  • Pelajari olahraga yang membutuhkan tenaga fisik sederhana, seperti tenis.

Diet Mediterania

Makanan dalam diet Mediterania menyoroti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, dan lemak sehat dari ikan dan kacang-kacangan. Gaya makan ini membantu meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko memori dan masalah berpikir di kemudian hari. Dalam sebuah penelitian yang diikuti lebih dari 2.000 orang selama empat tahun, mereka yang mengikuti diet tipe Mediterania, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer. Sebuah studi kemudian menyarankan bahwa mengikuti diet tipe Mediterania dapat memperlambat konversi gangguan kognitif ringan menjadi demensia hebat.

Jenis lemak yang mendominasi dalam makanan juga diklaim memengaruhi daya ingat. Sebagai bagian dari Women’s Health Initiative, 482 wanita berusia 60 dan lebih tua diamati selama tiga tahun. Mereka melaporkan makanan mereka, dan para periset menguji kemampuan ingatan mereka di awal penelitian dan di akhir. Mereka yang makan lebih banyak lemak tak jenuh (yang berlimpah dengan minyak nabati dan ikan berlemak) dan lemak jenuh yang kurang (dari daging merah dan makanan olahan susu berlemak) memiliki penurunan ingatan yang jauh lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi sedikit lemak tak jenuh.

Mengonsumsi beberapa porsi buah dan sayuran juga bisa melindungi ingatan. Makanan dari tanaman penuh dengan vitamin, mineral, dan lainnya yang dapat melindungi kerusakan akibat usia di seluruh tubuh.

Penting:   Adakah Obat Tunggal untuk Penyakit Kanker?

Sumber http://sehat.link/aktivitas-harian-untuk-daya-ingat-yang-lebih-baik.info

Terimakasih sudah Berkunjung Di website kami, JIka anda senang dengan artikel ini, jangan lupa vote ya :D, Oh ya kelanjutan artikel ada di bagian paling bawah.

Terima kasih sudah berkunjung Di website kami, Jika anda senang dengan artikel ini, jangan lupa vote ya :D, kelanjutan artikel ada di bagian paling bawah.

Tag :
Category : Tips Kesehatan
Baca Berita Selengkapnya :
  • Tips Pola Makan Turunkan Kadar Kolesterol Tips Pola Makan Turunkan Kadar Kolesterol
    Kolesterol, ini merupakan salah satu lemak yang cukup ‘ditakuti’ oleh banyak orang, terutama apabila berlebihan. Sebenarnya, kolesterol adalah lemak di dalam aliran darah atau sel tubuh yang d...

Bantu Like Fanspage Kami ya close[x]
Bantu Like Fanspage Kami ya Atau Tunggu 60 Detik