Kebiasaan Sehat Ibu Turunkan Risiko Obesitas pada Anak


Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu masalah yang semakin banyak ditemui di banyak negara. Di Negara Paman Sam, 40 persen orang dewasa dan hampir 20 persen anak-anak mengalami obesitas. Jumlah obesitas pada kanak-kanak tentu sangat mengkhawatirkan, karena efek dari gangguan ini meningkat seiring waktu. Seorang anak yang mengalami obesitas lebih mungkin mengembangkan , jantung, dan komplikasi obesitas lainnya di awal kehidupan daripada mereka yang baru mengembangkan obesitas di masa dewasa.

Obesitas pada Anak - nakita.grid.id

Obesitas pada Anak – nakita.grid.id

Ketika kita berpikir tentang mencegah obesitas pada anak-anak, kita secara alami cenderung memikirkan anak-anak itu sendiri. Kita berpikir tentang melakukan segala yang kita bisa untuk memastikan mereka mengikuti kebiasaan sehat, khususnya makan sehat dan berolahraga. Ini jelas penting, tetapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kebiasaan para juga penting, mungkin bahkan lebih penting.

Penting:   Induksi Persalinan, Metode Hindari Operasi Sesar?

Menggunakan data dari dua studi jangka panjang, Nurses ‘Health Study dan Growing Up Today Study, peneliti mengamati hubungan antara kebiasaan gaya hidup ibu dan bobot anak-anak mereka. Studi menemukan bahwa ketika ibu mengikuti lima kebiasaan kesehatan, anak-anak mereka 75 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami obesitas. Kebiasaannya antara lain:

  • Tetap pada berat badan yang sehat. Untuk mengetahui apakah berat badan seseorang sehat, bisa menggunakan indeks massa tubuh (BMI), sebuah perhitungan menggunakan tinggi dan berat badan. Memiliki BMI antara 18,5 dan 24,9 dianggap sehat.
  • Melakukan setidaknya 150 menit seminggu aktivitas fisik sedang atau kuat.
  • Tidak merokok (sebaiknya tidak merokok).
  • Mengurangi konsumsi alkohol, kurang dari 15 gram sehari. Menariknya, mengonsumsi alkohol lebih daripada tidak mengonsumsi alkohol sama sekali. Sebagai referensi, ‘ standar’ 14 gram alkohol adalah 5 ons anggur atau 12 ons bir.
  • Makan makanan yang sehat. Para peneliti menggunakan Healthy Eating Index, dengan makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, asam lemak tak jenuh ganda, dan asam lemak omega-3 rantai panjang, serta makan lebih sedikit daging merah dan olahan, minuman manis, lemak trans, dan natrium.
Penting:   Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Memang, tidak ada hubungan antara diet sehat pada ibu dan pencegahan obesitas pada anak-anak mereka, karena Anda berpikir pola makan ibu akan memengaruhi pola makan anak. Tetapi, ketika Anda mulai menyatukan kebiasaan-kebiasaan itu, Anda mulai melihat manfaatnya. Ibu yang menjalani diet sehat, berolahraga, dan memiliki asupan alkohol rendah hingga sedang, mengurangi risiko obesitas pada anak-anak mereka sekitar 25 persen. Tambahkan tidak merokok, dan Anda mendapatkan hingga 40 persen. Tambahkan berat badan yang sehat, dan Anda mendapatkan hingga 75 persen.

Sulit untuk mengetahui dengan pasti apa yang sebenarnya menjelaskan temuan ini. Tentu saja, peran dan kebiasaan keluarga sangat penting. Orang yang merokok lebih mungkin mengalami depresi, dan minum alkohol dalam jumlah sedikit sampai sedang setiap hari dikaitkan dengan risiko kecemasan dan depresi yang lebih rendah. Karena depresi terkait dengan obesitas, mungkin kebiasaan ini membantu dengan menurunkan risiko depresi.

Penting:   Tips Simpel Tetap Sehat untuk Wanita 60 Tahun ke Atas

Sumber https://sehat.link/kebiasaan-sehat-ibu-turunkan-risiko-obesitas-pada-anak.info

Terimakasih sudah Berkunjung Di website kami, JIka anda senang dengan artikel ini, jangan lupa vote ya :D, Oh ya kelanjutan artikel ada di bagian paling bawah.

Terima kasih sudah berkunjung Di website kami, Jika anda senang dengan artikel ini, jangan lupa vote ya :D, kelanjutan artikel ada di bagian paling bawah.


Bantu Like Fanspage Kami ya close[x]
Bantu Like Fanspage Kami ya Atau Tunggu 60 Detik