Tentang Gangguan Kecemasan dan Bagaimana Cara Mengelolanya


Meskipun sangat bervariasi, kemungkinannya bahwa pada titik tertentu Anda mengalami sinyal gangguan fisik dan emosional sesekali seperti kepanikan saat bernapas, jantung berdebar di dada, kesulitan tidur, perasaan takut, atau bahkan putaran kekhawatiran. Dan, itu adalah hal normal.

Dengan sendirinya, kecemasan bukan masalah. Ini jangkar respon biologis pelindung terhadap bahaya yang meningkatkan detak jantung dan , memompa darah beroksigen ke otot sehingga tubuh Anda bersiap untuk ‘melawan’ atau ‘melarikan diri’. Sekelumit kecemasan yang sehat dapat membujuk Anda untuk bekerja tepat waktu, mendorong Anda untuk belajar dengan giat untuk ujian, atau membuat Anda enggan untuk berkeliaran di jalanan gelap sendirian.

Gangguan Kecemasan - caripenyakitmu.com

Gangguan Kecemasan – caripenyakitmu.com

“Mengalami kecemasan adalah hal yang normal,” jelas Dr. Gene Beresin, direktur eksekutif Clay Center for Healthy Young Minds di Massachusetts General Hospital. “Sejumlah kecemasan tertentu bahkan bisa membantu. Masalahnya adalah terkadang yang mendasari respon kecemasan kita menjadi tidak teratur, sehingga kita bereaksi berlebihan atau bereaksi terhadap situasi yang salah.”

Gangguan kecemasan sendiri bisa dikatakan sebagai keparahan gejala dan kemampuan seseorang untuk mengatasi kekhawatiran sehari-hari yang terpisah atau saat-saat cemas. Survei nasional memperkirakan hampir satu dari lima orang Amerika Serikat berusia di atas 18 tahun, dan satu dari tiga remaja berusia 13 hingga 18 tahun, mengalami gangguan kecemasan selama tahun 2017.

Penting:   ‘Game yang Kompetitif’ Tingkatkan Intensitas Latihan Anda

Jika kecemasan terus berlanjut, berlebihan, atau secara rutin dipicu oleh situasi yang bukan merupakan ancaman nyata, beri tahu dokter Anda, yang dapat mendiskusikan opsi pengobatan atau merujuk Anda ke profesional kesehatan mental yang berpengalaman. Namun, seperti halnya setiap masalah kesehatan, diagnosis yang akurat sangat penting. Beberapa gangguan kecemasan meliputi:

  • Gangguan kecemasan umum, termasuk pola kekhawatiran yang berlebihan tentang berbagai masalah pada sebagian besar hari selama setidaknya enam bulan, sering disertai dengan gejala fisik, seperti ketegangan otot, jantung yang berdebar, atau pusing.
  • Gangguan kecemasan sosial, merasa kecemasan yang signifikan dalam situasi sosial atau ketika diminta untuk tampil di depan orang lain, seperti berbicara di depan umum.
  • Fobia, termasuk pada hewan, serangga, objek, atau situasi tertentu yang menyebabkan kecemasan yang besar.
  • Gangguan panik, seperti serangan panik tiba-tiba, episode yang intens dari ketakutan yang membenturkan jantung, sesak napas, dan ketakutan.
Penting:   Topik Makalah tentang Kesehatan Lingkungan

Kecemasan yang terus menerus membebani kesehatan. Misalnya, kecemasan meningkatkan kadar hormon stres kortisol, meningkatkan tekanan darah, yang memberikan kontribusi untuk masalah jantung, , penyakit ginjal, dan disfungsi seksual. Studi Lancet 2017 yang menggunakan pemindaian mengukur aktivitas di suatu area yang disebut amigdala, menunjukkan aktivitas yang lebih besar di amigdala berkorelasi dengan risiko yang lebih tinggi untuk dan stroke, mungkin dengan memicu produksi sistem kekebalan sel-sel putih ekstra untuk melawan ancaman yang dirasakan.

Di samping itu, kualitas hidup juga menurun. Pikiran yang mengganggu, ketakutan akan serangan panik, ketakutan akan penolakan, serta -tanda lain dari gangguan kecemasan memaksa orang untuk menghindari situasi yang memicu kecemasan. Ini mengganggu hubungan, pekerjaan, sekolah, dan kegiatan ketika orang mengisolasi diri, menolak peluang, dan melupakan kegembiraan dalam hidup.

Ada perawatan yang efektif untuk kecemasan, dan perawatan disesuaikan dengan diagnosis. Pilihan yang efektif termasuk:

  • Perubahan gaya hidup, seperti melewatkan kafein, berolahraga teratur, dan menghindari -obatan atau zat yang dapat menyebabkan gejala kecemasan.
  • Pendekatan pikiran-tubuh, seperti pernapasan dalam, meditasi, dan teknik untuk meredakan ketegangan otot dan meningkatkan ketenangan.
  • Psikoterapi, seperti terapi perilaku kognitif (CBT) dan terapi pemaparan. CBT mengajarkan orang untuk menantang dan membingkai ulang pikiran yang terganggu atau tidak membantu, karena pikiran memengaruhi perasaan dan tindakan. Sementara, terapi pemaparan membantu orang-orang menoleransi dan menenangkan kecemasan dengan secara berangsur-angsur mengekspos seseorang ke situasi atau objek yang ditakuti di bawah bimbingan dari seorang terapis.
  • Obat-obatan, seperti obat-obatan kerja singkat yang disebut benzodiazepine, yang diambil sesuai kebutuhan saat kecemasan meningkat. Dosis rendah dari beberapa antidepresan, khususnya penghambat reuptake serotonin selektif (SSRI), membantu meredakan kecemasan ketika diminum setiap hari.
Penting:   Sakit saat Menstruasi? Kenali Penyebab dan Solusinya

Seringkali, kombinasi pendekatan adalah yang terbaik. Menghilangkan kecemasan dengan obat saat menggunakan CBT atau terapi pemaparan untuk memperkuat keterampilan, mengatasi dan membantu melatih kembali otak dapat melakukan banyak hal untuk membuat kecemasan dapat dikendalikan.

Sumber https://sehat.link/tentang-gangguan-kecemasan-dan-bagaimana-cara-mengelolanya.info

Terimakasih sudah Berkunjung Di website kami, JIka anda senang dengan artikel ini, jangan lupa vote ya :D, Oh ya kelanjutan artikel ada di bagian paling bawah.

Terima kasih sudah berkunjung Di website kami, Jika anda senang dengan artikel ini, jangan lupa vote ya :D, kelanjutan artikel ada di bagian paling bawah.

Tag :
Category : Tips Kesehatan
Baca Berita Selengkapnya :

Bantu Like Fanspage Kami ya close[x]
Bantu Like Fanspage Kami ya Atau Tunggu 60 Detik